PPIC GAME 2010 bersama Mikel Jackson..

Production Planning and Inventory Control (PPIC) Game adalah kegiatan tahunan mahasiswa/i TI UI. Di tahun 2010 ini, PPIC Game diadakan pada tanggal 1 November 2010. Saya sendiri adalah peserta dari PPIC game tersebut. Saya salah satu anggota kelompok Mikel Jackson yang berhasil menduduki peringkat 5 PPIC game kali ini. Dari PPIC game ini saya banyak mendapat pelajaran yang positif dan cukup memperluas wawasan saya tentang jalannya perencanaan produksi dan inventory dalam suatu perusahaan. Dengan simulasi/game ini saya lebih cepat mengerti dan mengetahui betapa pentingnya peran PPIC dalam suatu perusahaan. Selain itu, saya juga dapat melatih kerja sama dan kekompakan dengan tim saya (secara tidak langsung melatih cara berperilaku dalam organisasi).

Maka dari itu saya tidak menyesal telah mengikuti PPIC Game kali ini. Banyak pelajaran berharga yang dapat dipetik dari PPIC game ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa mengunjungi website PPIC Game kami http://www.ppicgame.com

Yel-yel Mikel Jackson

Apa itu Business Process Reengineering (BPR)?

Secara singkat, rekayasa ulang proses bisnis (BPR) dapat diartikan sebagai ”mulai dari awal”, meninggalkan prosedur-prosedur yang telah lama mapan dan mencari lagi kerja yang diperlukan untuk menciptakan suatu produk atau jasa pelayanan perusahaan serta memberikan nilai kepada pelanggan.

Namun, pengertian yang lebih baik dari rekayasa ulang proses bisnis adalah seperti yang diungkapkan Hammer & Champy (1993) yaitu, “pemikiran secara fundamental dan perancangan ulang proses-proses bisnis untuk mendapatkan perbaikan dramatis dalam hal ukuran kinerja yang penting/kritis seperti biaya kualitas, pelayanan dan kecepatan”.

Berikut metodologi dari BPR.